Facebook = Inovasi Pembelajaran??

A.     PENDAHULUAN

1.       Latar Belakang
Facebook sebagai media sosial online saat ini menjadi tren di masyarakat Indonesia maupun dunia. Melihat perkembangan facebook yang semakin diminati oleh para penggunanya, mendasari pemanfaatan facebook sebagai inovasi media pembelajaran khususnya media diskusi. Seperti yang dilakukan pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan Jurusan Teknologi Pendidikan UNJ semester 098 tahun 2013. Facebook dimanfaatkan sebagai forum diskusi online pembelajaran. Salah satu pertanyaan dalam forum diskusi tersebut yang paling menarik adalah pertanyaan “menurut kalian apakah facebook merupakan inovasi pembelajaran?”. Penelitian sederhana pun dilakukan berdasarkan tanggapan mahasiswa terhadap pertanyaan tersebut.

2.       Pertanyaan Survei
1)      Hitung dan tabulasi jumlah mahasiswa yang menjawab dan tidak menjawab?
2)      Hitung dan tabulasi dari mahasiswa yang menjawab, berapa yang memilih YES, NO, dan YES&NO! Sajikan dalam bentuk tabel, diagram batang dan lingkaran tiga dimensi!
3)      Kategorikan dan hitung frekuensinya, misalnya yang memilih YES, apa alasannya, hitung alasan yang sama! Sajikan dalam bentuk tabel, diagram batang dan lingkaran tiga dimensi!

3.       Tujuan dan Manfaat Survei
Survei dilakukan agar mahasiswa dapat mengidentifikasikan tanggapan mahasiswa lainnya mengenai facebook sebagai inovasi pembelajaran.

4.       Responden Survei
Responden survei ini yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan Jurusan Teknologi Pendidikan Reguler UNJ semester 098 tahun 2013.

5.       Teknik Survei
Teknik survei dilakukan dengan menggunakan data yang diambil dari grup facebook DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN REG’11 lalu mengidentifikasikan dan mengkategorikan tanggapan mahasiswa yang sama.

B.     HASIL SURVEI
Jumlah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah DIP kelas Reguler tahun 2013 yaitu 40 mahasiswa. Sampai dengan pukul 17.00, diperoleh data sebagai berikut:
1Dalam diagram batang dan lingkaran, tanggapan mahasiswa disajikan sebagai berikut:

2

3

Dari 24 mahasiswa mahasiswa yang menjawab, terdapat 3 pilihan tanggapan yaitu YES, NO, YES&NO. diperoleh data sebagai berikut:

4

Dalam grafik batang dan lingkaran, 3 pilihan tanggapan disajikan sebagai berikut:

5

6

Dari 3 pilihan tanggapan diatas, kemudian dikelompokkan tanggapan dengan alasan yang sama.

a)      YES
Berdasarkan pilihan tanggapan YES, dikelompokkan menjadi 2 (dua) alasan. Disajikan dalam tabel dan grafik berikut ini:

7

8

9

b)      NO
Berdasarkan pilihan tanggapan NO, dikelompokkan menjadi 2 alasan. Disajikan dalam tabel dan grafik berikut ini:

10

11

12

c)       YES&NO
Berdasarkan pilihan tanggapan YES&NO, dikelompokkan menjadi 2 alasan. Disajikan dalam tabel dan grafik berikut ini:
  13

14

15

 
C.     PEMBAHASAN
Berdasarkan survei yang telah dilakukan pada tanggal 24 Maret 2013 sampai dengan pukul 17.00 dan uraian hasilnya diatas, dapat dianalisis bahwa sebagian besar mahasiswa sudah memberikan tanggapannya atas pertanyaan dosen mengenai facebook sebagai inovasi pembelajaran. Dari 40 mahasiswa, 24 mahasiswa telah memberikan tanggapannya dengan memposting di kolom comment dan 16 mahasiswa mahasiswa lainnya belum memberikan tanggapannya sampai dengan pukul 17.00 saat data survei ini dibuat. Mahasiswa yang belum memposting tanggapannya mungkin dikarenakan belum membuka facebook sejak dosen memposting pertanyaan tersebut pada malam hari sebelumnya. Hal itu mungkin terjadi karena terbatasnya fasilitas mengakses internet.
Terdapat 3 pilihan tanggapan yaitu YES, NO dan YES&NO. Tanggapan tersebut didasarkan pada teori Rogers dan Reigeluth. Teori Rogers menyatakan inovasi bergantung pada individu yang menggunakan, sedangkan teori Reigeluth menyatakan inovasi harus berkelanjutan dan menyeluruh. Dan hasil survei diuraikan sebagai berikut:
Pada pilihan YES, terdapat 4 mahasiswa yang memilih dan dikelompokkan menjadi 2 alasan yaitu 2 mahasiswa setuju facebook sebagai media pembelajaran yang baru dan 2 mahasiswa lainnya juga menganggap hal yang sama serta akan berkelanjutan.
Pada pilihan NO, terdapat 8 mahasiswa yang memilih dan dikelompokkan menjadi 2 alasan yaitu 7 mahasiswa menyatakan facebook telah digunakan sebelumnya untuk pembelajaran dan tidak akan berkelanjutan dan 1 mahasiswa lainnya menyatakan facebook telah digunakan sebelumnya untuk pembelajaran dan tidak menyeluruh.
Pada pilihan YES&NO, terdapat 10 mahasiswa yang memilih dan dikelompokkan menjadi 2 alasan yaitu 9 mahasiswa menganggap facebook sebagai media diskusi pembelajaran yang baru dan akan berkelanjutan dan 1 mahasiswa lainnya menganggap penggunaan facebook sebagai media pembelajaran bergantung pada individu pada peserta didik.

Dilihat dari pilihan tanggapan diatas, pilihan terbanyak terdapat pada YES&NO. Dan sebagian besar memiliki alasan yang sama yaitu YES berdasarkan teori Rogers, penggunaan facebook sebagai inovasi media diskusi pembelajaran adalah hal yang baru.  Dan NO berdasarkan teori Reigeluth, karena penggunaan facebook sebagai inovasi media diskusi pembelajaran tidak berkelanjutan dan menyeluruh.

D.      KESIMPULAN
Berdasarkan hasil survei dan analisis diatas, disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa menyetujui pemanfaatan facebook sebagai media diskusi pembelajaran merupakan suatu inovasi. Walaupun dalam penggunaannya masih terdapat kendala pada terbatasnya fasilitas mengakses internet.  Solusi untuk hal tersebut, seharusnya sejak awal perkuliahan, dosen dan para mahasiswa telah menyepakati aturan beserta jadwal untuk forum diskusi online di facebook. Misalnya, dosen selalu akan memposting pertanyaan pada hari rabu malam dan mahasiswa diharapkan maksimal 2×24 jam telah berpartisipasi dalam diskusi tersebut.
 
E.      DAFTAR PUSTAKA
http://www.facebook.com/groups/148808011944450/165279526963965/?ref=notif&notif_t=group_activity

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s