Tidak Mudah :: Menjadi Idola di KorSel

Pasti bukan rahasia lagi kita tahu bahwa para artis Korea Selatan, baik K-Pop maupun K-Drama mengalami perjalanan panjang yang akhirnya membawa mereka ke puncak kesuksesan. Proses persaingan yang ketat dan perjuangan lainnya dimulai ketika mereka dinyatakan bergabung dengan salah satu agensi besar, seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, CUBE Entertainment, YG Entertainment, LOEN Entertainment, dan sebagainya.

Setelah lolos audisi, para artis harus mengikuti training terlebih dahulu. Di tahap ini, bakat artis itu sendiri yang akan menentukan berapa lama mereka ditraining sampai dianggap mampu untuk debut. Seperti Jessica, Sooyoung dan Hyoyeon menjalani training selama 7 tahun, sedangkan Super Junior menjalani training sekitar 5-6 tahun. Selama proses training ini, para artis digembleng habis-habisan, baik dari segi vocal, koreografi (untuk penyanyi), first image, acting, dan sebagainya. Mental mereka pun diuji, dan banyak dari mereka yang putus asa dan memutuskan mundur. Hanya yang punya mental baja yang tetap bersedia menjalani proses tersebut.

Infinite dan Beast saat latihan di studio mereka

Ketika debut, mereka hampir tidak bisa tidur atau makan karena jadwal latihan yang sangat padat. Kurang tidur seakan menjadi hal biasa bagi mereka. Seperti yang dilansir oleh Soompi, si artis bisa saja tidak tidur selama 24 jam hingga 33 jam. Tidak jarang mereka akan memanfaatkan waktu untuk tidur saat dimake up, menunggu pesawat di bandara, tidur di mobil, hingga tidur di kursi bandara.

Lee Min Ho memilih tidur daripada makan saat waktu rehat syuting serial “Boys Before Flowers”
U-Know Yunho (TVXQ), Micky Yoochun dan Hero Jaejoong menggunakan waktu luangnya untuk tidur

Jika si artis tidak bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin untuk beristirahat ditengah jadwal kerja yang padat, maka resiko masuk rumah sakit akan menunggu mereka. Sudah banyak penyanyi maupun aktris dan aktor Korea Selatan yang masuk rumah sakit karena mengalami kecapekan. Kadang, agensi akan menyuntikkan IV (Intravenous therapy) sebagai tindakan preventif.

Krystal f(x) pernah pingsan di atas panggung “Lotte Duty Free Shop Family Concert” tahun 2010 karena mengalami kecapekan dan anemia. Onew SHINee juga pernah pingsan saat tampil di panggung “Music Bank”. Contoh lain, Seohyun Girls’ Generation pernah terjatuh di panggung “Pattaya Music Festival” tahun 2009 karena kecapekan.

Ketika mencapai popularitas

Kerja keras dan perjuangan mereka tidak sia-sia setelah mendapatkan popularitas. Ketika popularitas sudah ditangan, segala fasilitas dari agensi, sponsor, bahkan fans akan menghujani mereka. Ibaratnya No Pain No Gain.

Nah sekarang bandingkan dengan di Indonesia. Seseorang gampang banget buat jadi terkenal  cuma karena video di Youtube lah. Mmmmm🙂 …..

edited from :: http://koreanchingu.wordpress.com

7 pemikiran pada “Tidak Mudah :: Menjadi Idola di KorSel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s